mengapa harga rupiah di indonesia bisa menguat dan melemah

mengapa harga rupiah di indonesia bisa menguat dan melemah

Mengapa nilai tukar Rupiah bisa menguat atau melemah terhadap mata uang negara lain?

Nilai tukar sebuah mata uang pada dasarnya mencerminkan harga dari mata uang tersebut. pada prinsipnya, nilai tukar ditentukan oleh kebutuhan atau dimen dan ketersediaan atau sesuai antara dua mata uang masing-masing negara. Seperti rupiah dan Dolar Amerika misalnya. perbandingan 2 mata uang ini biasanya dihitung dalam jumlah satuan kurs. contohnya 1 dolar amerika setara dengan Rp13.000. Nilai tukar yang ditentukan oleh pasar akan berubah-ubah nilainya, tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan mata uang tersebut. bila kebutuhan terhadap mata uang asing Seperti dollar meningkat atau yang membeli dolar lebih banyak, maka nilainya akan lebih mahal atau menguat terhadap mata uang rupiah. Demikian pula sebaliknya.

Apa yang menyebabkan permintaan mata uang meningkat? ada baiknya yang mendasar adalah permintaan mata uang untuk transaksi pembelian barang atau jasa dari luar negeri atau impor dan Pembayaran utang luar negeri. apabila suatu negara lebih banyak mengimpor barang atau jasa dari pada memproduksi sendiri, maka negara tersebut akan membutuhkan mata uang asing Seperti Dollar Amerika lebih banyak untuk membayar kebutuhan itu. Demikian pula bila suatu negara banyak memiliki utang luar negeri akan diperlukan lebih banyak uang asing untuk membayar utang luar negeri tersebut.

Permintaan yang lebih tinggi dapat menyebabkan harga Dolar meningkat atau mata uang Rupiah secara relatif akan melemah. Selain itu penguatan atau Pelemahan mata uang juga dapat dipengaruhi oleh faktor Global. seperti penguatan ekonomi di Amerika Serikat dan Pelemahan ekonomi Tiongkok. hal ini membuat Bank Sentral Amerika Serikat berencana menaikkan suku bunga. akibatnya uang Dolar Amerika Serikat yang tersebar di berbagai negara tertarik untuk kembali ke Amerika Serikat. Dolar Amerika Serikat pun menguat terhadap hampir seluruh mata uang dunia termasuk terhadap rupiah. Demikian pula saat Tiongkok melambatkan laju ekonominya .akibatnya permintaan Tiongkok akan produk-produk negara bekembang menurun, sehingga ekspor atau pertukaran valuta asing bagi negara berkembang termasuk Indonesia berkurang.

Lalu bagaimana agar mata uang kita bisa stabil atau menguat? Tentunya dengan  mengembangkan permintaan dan ketersediaan valas di dalam negeri. untuk itulah kita harus lebih banyak melakukan ekspor baik barang maupun jasa serta mengelola permintaan valas. untuk itu kita harus meningkatkan daya saing ekonomi industri nasional dan kemampuan produksi dalam negeri kita. Tugas siapakah itu ? Yaitu tugas kita semua.

Pemerintah melalui kebijakan di sektor rill menambah pasukan valas melalui peningkatan ekspor, daya saing industri nasional, penguatan pendapatan pariwisata, pengiriman Tenaga Kerja Indonesia yang berkualitas, membangun infrastruktur dan menghilangkan hambatan yang menganggu iklim investasi akhir sektor usaha semakin produktif. dan untuk mengurangi tingginya permintaan valas, perlu upaya mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Sementara itu Bank Indonesia berupaya pula menjaga pasokan dan mengendalikan permintaan valas, agar seimbang. yaitu BI melakukan intervensi di pasar valas maupun pasar surat berharga negara. namun itu harus dilakukan secara bijaksana. BI juga mengatur permintaan kelas di masyarakat. misalnya penduduk yang ingin

Di sisi lain, dunia usaha dituntut untuk semakin kreatif meningkatkan daya saing, mencari pengganti bahan baku impor yang bisa diproduksi di dalam negeri, serta berhati-hati bila melakukan pinjaman luar negeri. hal ini akan mengurangi bermain Andalas di dalam negeri. anak muda Indonesia yang menceritakan beragam produk kreatif, inovatif yang mampu menembus pasar global. dan tentu setiap dari kita juga punya peran penting, misalnya mulai mengurangi ketergantungan pada barang impor makanan minuman dan menggunakan rupiah dalam transaksi dalam negeri. dengan usaha dan kerja sama ini negara kita akan memiliki daya yang lebih kuat, tahan goncangan, dan memiliki mata uang sambil.

Avatar
xfanzexpo

Penulis adalah mantan anak kuliahan jurusan programer yang ga bisa bikin program. Kerjaannya cuman main facebook dan suka menulis artikel yang ga jelas fungsinya buat apaan...