5 Tips Memilih Teman Curhat yang Baik

5 Tips Memilih Teman Curhat yang Baik

5 Tips Memilih Teman Curhat yang Baik

Tips memilih teman curhat yang baik – Permasalahan hidup adalah keniscayaan bagi semua orang. Masalah akan datang silih berganti selama seseorang masih hidup di dunia. Kebanyakan orang memilih memendam masalahnya sendiri. Lebih memilih diam dan merasakan semua sakitnya. Namun beberapa memilih untuk membaginya. Anda mungkin salah satu jenis orang yang percaya masalah akan terasa lebih ringan bila diceritakan. Meskipun masalah tersebut tidak serta-merta selesai, namun paling tidak anda sudah mengeluarkan apa yang ada di pikiran anda.

Curhat, istilah yang identik dengan membagi permasalahan hidup kepada seseorang yang dipercayai. Anda mungkin sering kali melakukan hal ini untuk melegakan pikiran anda. biasanya curhat hanya anda lakukan kepada orang terdekat anda seperti keluarga, dan tentu saja teman. Dalam tulisan ini, anda akan mendapat tips memilih teman curhat yang baik. mengapa hal ini begitu penting? Tentu saja karena ini menyangkut privasi anda sendiri. Anda tidak akan mau jika privasi anda menjadi terbongkar hanya karena anda salah memilih teman curhat untuk dipercayai. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Pilih Teman yang Benar-benar Anda Percayai

Hal pertama jika anda ingin mencurahkan hati anda kepada teman adalah memilih teman yang benar-benar anda percayai. Mungkin sulit bagi sebagian orang untuk mempercayai seseorang melebihi keluarga terdekat sekalipun. Anda bisa menilai sendiri teman anda yang mana yang benar-benar anda percayai. Mungkin berdasarkan sikapnya kepada anda, atau bagaimana dia sendiri menyimpan rahasia teman anda yang lain.

Sudah Lama Mengenal

Selanjutnya dalam tips memilih teman curhat yang baik adalah waktu kenal anda dengan teman anda. faktor ini sangat penting karena akan menjadi dasar anda mengetahui kebiasaan teman anda. Anda juga mungkin sudah mengenal baik watak dan pribadi teman anda tersebut seiring kebersamaan anda dengannya. Dengan begitu, anda bisa memutuskan untuk tetap mempercayai teman anda sebagai tempat curhat atau memilih mencari teman lainnya.

Hindari Teman yang Pernah Memiliki Konflik dengan Anda

Nah, faktor ini juga sangat penting sebelum anda memutuskan curhat kepada teman anda. anda tentu tahu bahwa tidak ada yang bisa menebak watak dan hati manusia. Jika anda mungkin pernah memiliki masalah dengan teman anda dan bukan hal sepele, maka anda lebih baik tidak memilihnya untuk dijadikan tempat curhat. Hal ini untuk menghindari bocornya rahasia anda suatu saat nanti jika mungkin anda memiliki konflik lagi dengan teman anda tersebut. Mungkin teman seperti ini hanya cukup diberikan sifat baik saja. Namun jika untuk tempat curhat, sepertinya anda membutuhkan teman yang lain.

Bukan Tipe Penggosip

Penggosip akan menjadi masalah besar saat anda sudah terlanjur mempercayainya. Rahasia anda akan tersebar seantero lingkungan. Tentu saja anda akan sangat malu. Maka meskipun teman anda yang tukang gosip tersebut merupakan teman dekat, jangan coba-coba untuk curhat kepadanya. Salah-salah anda yang dijadikan bahan gosip olehnya.

Memberikan Saran, Bukan Hanya Mendengarkan

Seorang teman curhat yang baik adalah teman curhat yang bisa memberi saran tanpa menggurui. Dia akan melihat masalah anda dari berbagai perspektif lalu menyampaikan sarannya. Dia tidak akan serta-merta menghakimi anda dan lebih memilih pada posisi netral sebelum menyampaikan sarannya.

Demikianlah beberapa tips memilih teman curhat yang baik. Anda bisa memutuskan untuk membagi masalah anda dengan orang yang tepat jika sudah memenuhi tips-tips di atas.

xfanzexpo

Penulis adalah mantan anak kuliahan jurusan programer yang ga bisa bikin program. Kerjaannya cuman main facebook dan suka menulis artikel yang ga jelas fungsinya buat apaan...